Beranda

Selamat Datang di Official Website Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI)

Peran Perhimpunan Entomologi Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dilaksanakan di akhir tahun 2015 ini menjadi focus utama beberapa negara di wilayah Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Sudah siapkah Indonesia menghadapi persaingan ketat MEA 2015? Siap atau tidak, pada akhirnya dipenghujung tahun 2015, kita akan menghadapi ketatnya persaingan MEA dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Salah satu tantangan dalam menghadapi MEA tahun ini adalah Indonesia harus bisa menyiapkan tenaga kerja kompeten yang dapat bersaing dengan tenaga kerja asing. Selain adanya standarisasi produk-produk yang diekspor atau diperjual belikan dipasaran, perlu juga adanya standarisasi profesionalisme dalam pekerjaan. Oleh sebab itu, diperlukan sertifikasi tenaga kerja untuk bersaing dalam ajang MEA 2015. Dalam ajang MEA 2015 ini, persaingan dilakukan secara bebas untuk semua tenaga kerja yang kompeten pada semua bidang pekerjaan termasuk dibidang entomologi. Tenaga kerja dibidang entomologi tersebut akan diperlukan di perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pestisida dan pest control atau pengendalian hama. Perusahaan tersebut sedikit banyaknya memerlukan tenaga kerja yang memiliki dasar pengetahuan entomologi. Dalam menghadapi MEA 2015, tenaga kerja professional dibidang entomologi harus sudah mempunyai sertifikasi profesi untuk bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. Masih banyak tenaga kerja Indonesia yang belum memiliki sertifikasi profesi, bahkan beberapa dari mereka ada yang tidak memiliki dasar pengetahuan entomologi. Adanya sertifikasi profesi akan memperkuat posisi Indonesia dalam arus bebas tenaga kerja MEA 2015.

Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) sebagai perhimpunan profesi sudah sepatutnya ikut serta dan berperan aktif dalam menghadapi MEA 2015. Peran aktif tersebut diharapkan dapat terwujud dalam suatu rancangan kerja, membentuk suatu pertemuan dan workshop tentang pentingnya sertifikasi profesi. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerja keras serta kekompakan pengurus dan anggota PEI kepengurusan tahun ini untuk bersama-sama meningkatkan kinerja profesi entomologi di Indonesia. Semoga kepengurusan PEI tahun ini dapat menjalankan semua amanah ini dengan baik.

 

Bogor, Desember 2015

 

 

Leave a Reply