Liputan Kegiatan



Liputan Kegiatan

Workshop dan Seminar PEI Cabang Bandung
“Tantangan dan Strategi Pengelolaan Serangga di Era Globalisasi”

Universitas Padjadjaran, 25-26 Oktober 2017
 

Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Cabang Bandung pada tanggal 25-26 Oktober 2017 menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Seminar dengan tema “Tantangan dan Strategi Pengelolaan Serangga di Era Globalisasi” di Universitas Padjajaran, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah internasional diikuti kurang lebih 13 orang sedangkan peserta seminar sebanyak kurang lebih 101 orang pemakalah dan kurang lebih 50an peserta seminar saja. Dalam acara sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian Unpad sekaligus Ketua PEI Cabang Bandung Dr. Ir. H. Sudarjat, MP. menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada para peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya regenerasi di bidang Entomologi khususnya kepada generasi  muda. “Hari ini serangga yang kecil yaitu Wereng Cokelat sudah masuk istana presiden, jika Indonesia sampai kekurangan ahli serangga hal tersebut dapat mengancam kedaulatan bangsa khususnya di bidang pertanian” tutur beliau dalam menyampaikan semangat kepada para Entomologiawan muda yang hadir. Terkait kaderisasi kepengurusan PEI Pusat, beliau juga siap apabila PEI Cabang Bandung ditunjuk sebagai tuan rumah Kongres PEI 2019 sekaligus siap menghadirkan calon Ketua Umum PEI di kepengurusan yang akan datang.

Dalam sambutan Ketua PEI Pusat yang diwakili Sekretaris PEI Pusat Dr. Drs. Dodin Koswanudin, M.Si. menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia khususnya PEI Cabang Bandung yang telah mempersiapkan dan menyelenggarakan kegiatan dengan sukses. Terkait tema dan isu yang berkembang, beliau menyampaikan perlu nya eksistensi para anggota PEI sekaligus peran nyata khususnya dalam membantu menyelesaikan beberapa persoalan dan tantangan di era globalisasi. “Saat ini PEI berkomitmen untuk berperan aktif dalam kaitannya sebagai perhimpunan profesi dengan bekerja sama dengan lembaga sertifikasi dalam mengadakan sertifikasi kepada para aplikator, tengaga kerja di bidang serangga-hama. Kerja sama sudah dibentuk, kita tunggu beberapa bulan ke depan bentuk kegiatannya” tutur beliau. Hal tersebut juga diungkap sebagai langkah nyata PEI dalam menyongsong MEA di kawasan Asian Tenggara ini.

Kegiatan seminar menghadirkan empat narasumber terkait tema yaitu Dr. Antarjo Dikin (Badan Karantina Pertanian), Dr. Imam Widhiono (Univ. Jenderal Soedirman), Prof. Dr. Baehaki (BB Padi-Balitbangtan), Andre Dian Permana, MM (Praktisi Pest Control) dan Dr. Sandeep Singh (Punjab Agricultural University, India). Kegiatan seminar dilanjutkan dengan penyampaian makalah dengan berbagai ruang lingkup seperti:

  • Biodiversitas dan ekologi serangga,
  • Fisiologi, toksikologi, dan biologi molekular serangga
  • Serangga berguna dan menguntungkan
  • Teknologi pengendalian serangga hama
  • Entomologi permukiman, medik, veteriner dan industri
  • Berbagai aspek entomologi permukiman, termasuk medik, forensik, industri dan veteriner
  • Topik-topik lain yang terkait dengan serangga

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PEI Cabang Bandung tersebut juga diikuti oleh beberapa perwakilan cabang PEI termasuk PEI Pusat. Harapannya dari kegiatan ini, cabang-cabang PEI lain ikut termotivasi menyelenggarakan kegiatan serupa.

 

Salam Entomologi Indonesia.
 

Dokumentasi kegiatan: