Pedoman Penulisan

 

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

JURNAL ENTOMOLOGI INDONESIA

(Download PDF)

Jurnal Entomologi Indonesia (Indonesian Journal of Entomology) merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel dan komunikasi singkat mengenai berbagai aspek yang terkait dengan bidang entomologi tropika.

Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Setiap naskah yang masuk dalam Jurnal Entomologi Indonesia (JEI) akan ditelaah oleh Dewan Editor dan sekurang-kurangnya dua orang mitra bebestari (peer-reviewer) yang identitasnya akan dirahasiakan. Dewan Editor berhak meminta penulis untuk memperbaikinya sebelum naskah dikirimkan kepada mitra bebestari.

 

PENGIRIMAN NASKAH

Format file naskah. Naskah yang dikirimkan harus dalam format file Microsoft Word dan mencantumkan jenis artikel yang dikirimkan.

Surat pengantar (cover letter). Penulis juga harus menyertakan surat pengantar yang berisi informasi mengenai aspek penting dari penelitian, pernyataan bahwa naskah sedang tidak dipublikasikan di jurnal ilmiah yang lain dan rekomendasi minimal 3 (tiga) nama mitra bebestari (reviewer) beserta alamat instansi dan email.

Template cover letter (Download)

Cara pengiriman naskah. Naskah dan surat pengantar dapat dikirimkan melalui:

a. Sistem Online (Online submission) yaitu dengan mengakses website:

http://journal.ipb.ac.id/index.php/entomologi

b. Surat elektronik (e-mail) yaitu mengirimkan langsung ke alamat e-mail editor:

editor@jurnal.pei-pusat.org

 

JENIS NASKAH

Artikel. Naskah yang menyajikan skema penelitian yang luas dan diskusi mendalam dari hasil temuan. Struktur artikel terdiri dari Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka. Panjang naskah maksimun 16 halaman ketikan spasi rangkap (termasuk gambar dan tabel).

Template artikel (Download)

Komunikasi singkat. Berdasarkan urgensi lingkup penelitian dan atau kedalaman diskusi. Struktur naskah ini terdiri dari Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan serta Daftar Pustaka. Panjang naskah maksimum 10 halaman.

Template komunikasi singkat (Download)

 

FORMAT NASKAH

  1. Naskah diketik dengan jenis huruf Times New Roman 12 pt, spasi rangkap dan rata kiri pada kertas berukuran A4. Batas tepi (margin) pada setiap sisi masing-masing 3 cm.
  2. Nomor halaman ditempatkan pada bagian kanan atas.
  3. Menggunakan nomor baris. Pada perangkat lunak Microsoft Word, untuk menyertakan nomor baris, pilih menu “Page Layout”, klik “Line Numbers”, lalu pilih “Continuous”.
  4. Tabel dan gambar harus jelas serta ditempatkan pada bagian akhir naskah setelah daftar pustaka. Teks dan angka dalam gambar dan tabel menggunakan huruf Times New Roman 10 pt.

 

STRUKTUR ARTIKEL

  1. JUDUL (satu halaman terpisah)
  2. ABSTRAK (termasuk kata kunci) dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  3. PENDAHULUAN
  4. BAHAN DAN METODE
  5. HASIL
  6. PEMBAHASAN
  7. KESIMPULAN
  8. UCAPAN TERIMA KASIH (apabila ada)
  9. DAFTAR PUSTAKA
  10. Daftar Tabel (berserta judul tabel)
  11. Daftar Gambar (beserta judul gambar)
  12. Daftar Lampiran (apabila diperlukan)

Uraian Struktur Penulisan Artikel

JUDUL.  Halaman judul terdiri atas keterangan jenis naskah, judul (bahasa Indonesia dan Inggris), nama penulis dan alamat penulis, penulis korespondensi dan judul pelari.

Judul singkat dan jelas. Diketik dengan huruf kecil pada setiap kata dengan pengecualian kata pertama dan sesuai kaidah bahasa yang digunakan. Nama latin dan istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.

Nama lengkap penulis diberi tanda angka dan dilengkapi dengan alamat lengkap penulis meliputi nama instansi, kota dan kode pos. Penulis korespondensi diberi tanda bintang (*) setelah nama penulis dan dilengkapi dengan nomor telepon/fax dan alamat e-mail.

ABSTRAK. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Panjang abstrak tidak lebih dari 250 kata yang dituangkan dalam satu alinea yang mengandung ringkasan dari latar belakang dan tujuan penelitian, metodologi, hasil atau dampak (ulasan) dan kesimpulan.

Kata kunci terdiri atas 3-5 kata atau gugus kata. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Nama latin atau istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.

PENDAHULUAN. Bagian pendahuluan berisi latar belakang disertai pengacuan pada pustaka-pustaka penting terkait dan diakhiri dengan alinea tujuan penelitian.

BAHAN DAN METODE. Bahan dan metode harus mencakup informasi mengenai tempat dan waktu penelitian, metode penelitian, dan analisis statistik yang digunakan.

Metode yang dilaksanakan (termasuk cara penggunaan alat) dituliskan secara terperinci bila belum pernah dipublikasikan. Metode atau modifikasi metode yang sudah diterbitkan cukup dijelaskan prinsipnya disertai pustakanya.

Spesifikasi alat dan bahan yang digunakan dituliskan dengan jelas pada saat menjelaskan metode penelitian, misalnya alat fogging SwingFog TF35. Alat sederhana seperti kuas dan jarum serangga tidak perlu dituliskan.

HASIL. Hasil ditulis terpisah dari pembahasan. Pemaparan hasil tidak perlu disertai pustaka. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar sekaligus, harus dipilih salah satu. Format tabel dan grafik dibuat dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas). Mencantum- kan skala pengukuran pada gambar berupa foto.

Seluruh tabel dan gambar (grafik) diletakkan pada pada halaman terpisah setelah daftar pustaka. Judul tabel (di atas tabel) dan judul gambar (di bawah gambar) diberi nomor sesuai urutan pengacuannya di dalam teks dan diawali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku.

PEMBAHASAN. Pembahasan membahas hasil-hasil penting yang dipaparkan pada bagian hasil, dalam kaitan dengan perumusan masalah, tujuan dan hipotesis penelitian.  Persamaan, perbedaan dan keunikan hasil penelitian yang diperoleh dibandingkan dengan informasi atau referensi terkini dalam bidang terkait.  Di bagian akhir pembahasan dikemukakan implikasi bagi bidang terkait.

KESIMPULAN. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dengan memerhatikan perumusan masalah dan tujuan penelitian.

UCAPAN TERIMA KASIH. Ucapan terima kasih disampaikan kepada penyandang dana dan pihak-pihak yang telah berjasa dalam penelitian hingga tulisan dihasilkan.

DAFTAR PUSTAKA. Daftar pustaka terdiri dari daftar referensi materi. Disarankan 80% berupa referensi primer (artikel jurnal) dan setidaknya ada beberapa pustaka terbitan tiga tahun terakhir. Acuan (sitasi) pustaka dalam teks adalah nama famili (nama belakang) penulis diikuti dengan tahun, contoh: (Akbar & Buchori 2012). Apabila terdiri atas tiga atau lebih penulis maka cukup mencantumkan penulis pertama diikuti dengan et al., contoh: (Perfecto et al. 2000).

Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan abjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan penulis berikutnya didahului nama famili yang diikuti singkatan nama pertama dan nama tengah tanpa dipisahkan tanda koma atau titik.

Jurnal Entomologi Indonesia menyediakan “style” penulisan pustaka untuk perangkat lunak EndNote (download ) dan Zotero (download).

 

Contoh penulisan pustaka

Artikel Berkala Ilmiah

Meilin A, Trisyono YA, Martono E, Buchori D. 2012. Teknik perbanyakan massal parasitoid Anagrus nilaparvatae (Pang et Wang) (Hymenoptera: Mymaridae) dengan kotak plastik. Jurnal Entomologi Indonesia. 9:7-13.

Buku dengan Pengarang

Perfecto I, Vandermeer JH, Wright AL. 2009. Nature’s Matrix: Linking Agriculture, Conservation and Food Sovereignty. London: Earthscan.

Bab dalam Buku

Koh LP, Gardner TA. 2010. Conservation in human-modified landscapes. In: Sodhi NS, Ehrlich PR (Eds.), Conservation Biology for All. pp. 236-261. London: Oxford University Press.

Artikel dalam Prosiding

Hodgson EW, VanNostrand G. 2011. Update on the soybean aphid efficacy program. In: Pringnitz BA (Ed.), The 23rd Annual Integrated Crop Management Conference (Iowa, 30 November – 1 December 2011). pp. 59-62.  Iowa: Iowa State University Extension and Outreach.

Skripsi/Tesis/Disertasi

Hosang MLA. 2004. Interactions between Natural Enemies, Herbivores and Cacao in Palolo Valley, Central Sulawesi. PhD Thesis. Bogor: Bogor Agricultural University.

Artikel dari Internet

Chaney WE, Toscano NC, Natwick ET.  2003.    UC IPM pest management guidelines: cole crops diamondback moth. Available at: http://www. ipm.ucdavis.edu/PMG/r108301311.html [accessed 19 March 2004].

Biaya Penerbitan Naskah

Penulis yang naskahnya telah diterima (accepted) akan dikenai biaya penerbitan per halaman (versi cetak) sebesar:

a. Rp 75.000,- (Tujuh puluh lima ribu rupiah) untuk anggota PEI

b. Rp 100.000,- (Seratus ribu rupiah) untuk non anggota PEI